September 10th, 2007

Jogja – Semarang naik Joglosemar

JoglosemarSaya pergi ke Semarang hari Sabtu kemarin. Pagi sebelum jam 5 brangkat dari rumah, naik bis shuttle Joglosemar paling pagi. Menurut jadwal, bis akan berangkat jam 6 pagi dari Jombor, Hotel Borobudur. Dan karena terlalu jauh untuk ke Jombor, kami memutuskan untuk berangkat dari pick up point yang sudah ditentukan dengan konsekuensi harus siap satu jam sebelumnya, karenanya jam 5 berusaha sebisanya untuk sudah siap di pick up point tersebut. Pick up pointnya ada beberapa, yaitu di Kedaung, Santika, dan Adem Ayem, kami memilih ke Santika saja.

Perjalanan ke Semarang lancar-lancar saja, kecuali perut kami yang sedikit keroncongan :D Dan rasanya memang tiba-tiba aja sudah sampai di Semarang, mungkin juga karena kami tertidur selama di perjalanan heheh…

Pergi ke Semarang dari Jogja itu ternyata agak repot (dengan kendaraan umum). Satu-satunya cara adalah naik bis, kereta meskipun ada sambungan rel ke Semarang tapi ternyata tak ada service kereta Jogja – Semarang, dan begitupun pesawat (CMIIW).

Pengalamanku ke Semarang setahun kemarin sama mbak Ambar, juga rada ribet, rencana sih mo naik Joglosemar dari Novotel Jogja, karena mbak Ambar nginep di Novotel, tapi ternyata sudah ketinggalan jadwalnya dan akhirnya sewa mobil dari Novotel. Baru kemudian pas pulang kita naik Joglosemar dari simpang lima, setelah reservasi dulu dari Horison, hotel tempat kita menginap waktu itu. Keliatannya agak susah mendapatkan info tentang Joglosemar ini.

Dan kemarin itu, jujur saja hampir menyerah untuk bisa naik Joglosemar, karena minimnya informasi yang kita dapat. Aku sampai berpikir, jangan-jangan bis ini sudah tidak beroperasi lagi. Bagaimana tidak, no telfon yang diberikan oleh 108 tidak bisa dihubungi, yang tidak aktif lah, yang sedang dipakailah, dan kita nggak nyobain hanya sekali dua kali, lebih kali kalo cuma 10 kali. Sekali dua kali memang ada nada sambung, tapi tidak diangkat.

Lalu saya mencoba mencari informasi ke Novotel, via telefon. Resepsionisnya bilang, Joglosemar tidak lagi berangkat dari Novotel dengan nada yang lugas (kalau tak mau dibilang nada suara orang kesel) lalu saya coba menanyakan apakah saya bisa mendapat info no telfon Joglosemar, dengan cepat (bahkan sebelum saya menyelesaikan kalimat saya) dia bilang “Silahkan telfon ke 108, terima kasih.” dan tahu-tahu telfonnya sudah ditutup. Ummh semakin bingung saja saya, jangan-jangan Joglosemar sudah bangkrut. Lalu saya coba telfon ke Hotel Saphir, jawabannya sama Joglosemar tidak lagi lewat sana, hanya saja mas resepsionis lebih ramah dan saya diberi no telfon Joglosemar, sayangnya no telfon itu sama saja dengan no telfon yang diberikan 108, dan saya disarankan telfon ke Ibis atau Santika.

Saat itu si mas, sudah berpikir untuk memakai travel saja, bahkan sudah telfon ke Ramasakti. Aku heran juga untuk sebuah layanan bis executive, Joglosemar bahkan tak punya halaman web sendiri. Tapi lalu tiba-tiba akhirnya, setelah iseng nyobain lagi entah ke berapa kalinya, si mas berhasil telfon ke Joglosemar. Karena waktu rencana mo brangkat hari Jumat, si mas nanyain jam berangkat Joglosemar yang sore. Saya nggak tau persis gimana percakapan mereka, tapi akhirnya kita memutuskan brangkat jam 4 sore, dan jam 3 harus siap di salah satu pick up point. Tapi kemudian karena satu dan lain hal, kami merubah rencana untuk brangkat hari Sabtu, tapi sepagi mungkin. Ramasakti berangkat paling pagi jam 8. Untuk mendapat info jam paling pagi Joglosemar, kami harus “berjuang lagi”. Setelah beberapa kali telfon yang tak diangkat, akhirnya kali ini aku yang berhasil menghubungi kantor mereka, menanyakan jam keberangkatan paling pagi, dan saya senang ketika mendapat info bis paling pagi jam 6, lalu tiap dua jam sekali. Waktu itu saya sempat menanyakan apakah bisa pesan tiket lebih dulu, mbaknya hanya bilang “Bisa.” Saya pikir saya harus diskusi dulu sebentar ke si mas, maka saya bilang tunggu bentar ya mbak nanti saya telfon lagi. Dan begitu si mas bilang ok, detik berikutnya saya telfon ke Joglosemar kejadiannya kembali berulang… susaaaaaaaaah banget ngubungin kembali. Kejadian telfon-telfon ke kantor Joglosemar di Jogja ini, nggak hanya sehari, tapi berlangsung dari hari Rabu – Jumat, karenanya sangat melelahkan juga buat kami. Tapi karena bisa paling pagi jam 6, kami pun memutuskan nekat untuk datang saja di salah satu pick up point pagi itu hari Sabtu, tanpa reservasi sebelumnya.

Setelah jam 5 lewat sampai di Santika, kami langsung bertanya ke pegawai Santika (bukan resepsionis, bapak ini hanya kebetulan berada di luar gedung hotel, tapi saya tak sempat melihat ke tag name-nya) apakah bis Joglosemar sudah lewat. Bapak itu bilang, kemungkinan nanti jam 5.30 sampai di Santika. Lalu saya bertanya apa saya perlu reservasi dulu ke resepsionis, bapak itu bilang tak perlu, langsung tungguin saja bisnya dateng. Jam 5.30 lewat bisnya nggak kunjung dateng, iseng coba aku telfon lagi kantor Joglosemarnya, ajaib langsung diangkat bahkan pada dering pertama. Tapi lagi saya agak kecewa karena keliatan kurang profesionalnya sang operator, saya hanya bertanya “Apa bis Joglosemar pasti lewat Santika, saya sedang berada di Santika saat ini,” dan dia bilang “Ibu tanya saja ke resepsionis Santika.” Trus otomatis saya ulangin dong pertanyaan saya, karena seharusnya dia bisa menjawab pertanyaan sederhana saya, “Tapi PASTI lewat sini kan?” tetep dia bilang “Ya coba Ibu tanya dulu ke Santika…” Aneh nggak sih masak kantornya nggak tahu apa bis bakal lewat Santika atau enggak. Jadi aku bilang, “Saya sudah diberitahu akan lewat jam setengah enam, ini dah hampir jam 6, saya cuma pingin tahu PASTI lewat Santika apa endak?” barulah dia jawab “Ohh iya bu, Ibu tunggu saja ya?” Errghhh…keknya sih baru bangun tidur dia, suaranya agak berat gitu, manggil ibu pula… kapan kawin sama bapakmu…

Akhirnya setelah bis datang, dan berputar ke Kedaung depan stasiun Tugu, meluncur ke daerah Jombor di Hotel Borobudur. Aku nggak tau kalau mestinya melakukan reservasi dulu, pengalamanku dulu naik dari Simpang Lima kita reservasi lewat Horison, dan bayar diatas bis. Aku pikir bisa langsung aja bayar di atas bis seperti waktu itu. Di Jombor ini penumpangnya udah banyak sekali nunggu, dan masing-masing sudah pegang tiket dengan nomor seat-nya. Kita pun di suruh turun dulu, untuk pesan tiket di kantornya. Karena banyaknya penumpang, kita kuatir juga nggak dapet seat. Dan setelah semua penumpang naik, barulah kita bisa dibikinin tiket dan ditentukan nomor seat-nya.

Ini adalah jadwal yang tertera di tiketnya.

Jadwal Joglosemar

Semarang – Jogja

Karena masih belum pasti pulang dari Semarang jam berapa, akhirnya kita memutuskan untuk menunda pesen tiket di kantor Joglosemar langsung ketika sampai di Semarang. Ketika sudah pasti jam keberangkatan, kita pun berusaha untuk telfon ke kantor yang di Semarang. Dan ternyata sama saja dengan yang di Jogja, susaaah sekali nyambung. Kita waktu itu lagi ngobrol sama mas Budi Putra di McD (sebenernya aku nggak yakin apa mas Budi-nya comfortable dengan panggilan mas, habis ternyata dia itu orang Padang huehue). Trus akhirnya setelah beberapa kali mencoba telfon itu, terdengarlah suara orang di ujung telefon. Menurutku lebih ramah daripada operator yang di Jogja. Mas-nya langsung menjelaskan jam brapa saja bis akan brangkat, dan saya langsung saja pesan seat untuk berdua, langsung pula diberi tahu nomor seat-nya, dan menanyakan akan naik dari mana. Karena waktu itu malam minggu (kemungkinan Simpang Lima akan penuh sesak dan kuatir bis tidak bisa masuk) mas operator nya menyarankan saya langsung saja ke TIC di jalan Pemuda. Waktu saya bertanya harus naik apa ke sana dari Simpang Lima, si mas nya pun dengan sabar memberi saran naik taxi, dan langsung memberi alamat lengkap TIC tersebut.

Sesampai di TIC jam 7 malam, di depan balaikota Semarang itu, ternyata juga penuh sesak entah ada acara apa, suaranya juga hingar bingar. Kami harusnya naik bis yang dijadwalkan jam 8 malam. Tetapi sesampai di TIC itu, bis dengan jadwal keberangkatan jam 6 sore pun belum berangkat. Saking macet dimana-mana katanya. Tapi kemudian mbak yang melayani tiket, menyarankan kami ikut bis Joglosemar jurusan Solo, lalu menunggu bis yang akan kami tumpangi di Restoran Miranda. Restoran Miranda ini juga adalah pick up point di Semarang, dan sepertinya merupakan kantor pusatnya. Kata mbaknya di sana lebih tenang dan nyaman, ber-AC pula dan tidak crowded seperti di Jl. Pemuda waktu itu.

Joglosemar shuttle busSetelah menunggu beberapa lama di Miranda itu, akhirnya bis kami datang juga. Kelihatan beberapa penumpang yang capek nunggu sudah bete pula. Jadwal bis berangkat jam 8 malam, akhirnya berangkat jam 21.26. Kebayang kalau yang buru-buru kepingin sampe, dah nunggu dari jam 7 (karena disarankan menunggu 1 jam sebelum jam keberangkatan)… baru diberangkatkan jam setangah 10 malam. Tapi sampai di Jogja tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, mungkin karena sudah malam juga jadi lancar-lancar saja, sampai di Kedaung jam 23.40 kita turun (jadi hanya memakan waktu di jalan hampir 2 setengah jam) dan sampai rumah hampir jam 00.30 an.

Tips dan Info Naik Joglosemar ke Semarang

  1. Kontak Joglosemar dulu untuk memesan tiket, dan langsung tanyakan akan duduk di seat nomor berapa. Ini adalah list no.telfon mereka.
    • Jogja, 0274-7480462 atau 0274 – 489330
    • Semarang, 024 – 70105010 (Restoran Miranda) atau 024 -70167756 (TIC Pemuda)
  2. Tersambung dengan operator Joglosemar adalah hal langka, maka manfaatkan baik-baik ketika telfon anda dijawab. Tanyakan semua info yang anda perlukan langsung saat itu juga. Misalnya, dimana saja pick up point yang tersedia, dan jam berapa harus menunggu di sana. Ini adalah list pick up point Joglosemar.
    • Jogja
      • Borobudur Hotel – Jl. Magelang (15 menit sebelum jam keberangkatan)
      • Adem Ayem Resto – Jl. Jend. Sudirman (45 menit sebelum jam keberangkatan)
      • Santika Hotel – Jl. Jend. Sudirman (45 menit sebelum jam keberangkatan)
      • Kedaung Plaza – Jl. P. Mangkubumi (60 menit sebelum jam keberangkatan)
    • Semarang
      • Miranda Resto – Jl. Setiabudi (15 menit sebelum jam keberangkatan)
      • TIC – Jl. Pemuda (45 menit sebelum jam keberangkatan)
      • DISHUB – Depan Ciputra Hotel (daerah Simpang Lima) (60 menit sebelum jam keberangkatan)
  3. Harga tiket (September 2007) ke Semarang adalah Rp. 40.000, – termasuk makanan kecil. Tiket dapat dibatalkan selambat-lambatnya 2 jam sebelum jam keberangkatan. Anak diatas 3 tahun wajib membayar full fare dari harga tiket. Barang bawaan yang lebih dari 20 Kg akan dikenai biaya bagasi.

Kalau ada yang lebih berpengalaman dengan perjalanan Jogja – Semarang, silahkan menambahkan tips-tips lain yang mungkin berguna. Cerita pas di Semarang-nya ngapain aja, ntar habis ini aja kali ya, yang udah saya janjiin akan posting harap sabar yah … :D

Tags: , , , ,

35 Responses to “ Jogja – Semarang naik Joglosemar ”

  1. linae says:

    kemarin mudik sempet ke keluarga di semarang naik mobil, gila aja jogja-semarang 4 jam, mana badan udah rapuh banget *sigh*
    btw, gimana kabarnya La?

  2. chocoluv says:

    bisa kok naek kereta ke semarang, lewat solo… tapi ngga langsung,, harus nunggu dulu… malah lebih ribet dari telpon mbak2 joglosemar :P

    kalo dulu pas aku ke semarang, dpt referensi dari mbak fany, yg enak naek nusantara, lebih murah pula :P tapi hrs ke jombor dulu sih…

  3. cinila says:

    @linae : baik mbak alhamdulillah… gmn mbak Lina? lagi kangen Indonesia ya? :D

    @chocoluv : Nusantara itu patas ya? fasilitasnya apa saja? lebih murahnya berapa?

  4. traju says:

    naik motor maak nyuss 2,5-3 jam nyampe, bisa liat2 pemandangan juga…

  5. cinila says:

    ehehhe iya kali ya naik motor bisa kena angin, pemandangan tanpa batas… tapi pantat panas juga tuh, kecuali motornya empuk… :D

  6. rista says:

    H i mba nila yang pinter…

    baca blog kmu jadi tau lebih bnyak tentang perjalanan antara jogja – samarang..

    menarik bnget!

  7. twahya says:

    Infonya dong, saya rencana mau pulkam berhubung karcis kreta ke ke jogja sudah habis,maka saya melalui semarang.
    dari semarang ke jogja naik apa ? kalau bis saya harus nunggu dimana

  8. emol says:

    heh.. masa ada sambungan rel KA Jogja – Semarang?!?
    bukannya ampe Ambarawa thok?

    kalo ada kan jadi kayak Rollercoaster :P
    naek-turun gunung.. hihihihi

    met puasa ya ‘la..
    yuk berbuka bareng lagi

  9. wedhouz says:

    joglo semar…
    armada joglo semar sering terlambat,tp mbak2 pramugarinya cakep2 to.rika(ex.joglosemar) napa kok kluar dr joglo???,titik,leny,titis,ita…met kerja yaaa jgn sering dobel tar capek loo…
    Kenalnya pramugari semarang aj..

  10. wedhouz says:

    wah… kuwi ono sing nyatut koment nganggo jenengku…

  11. Fany says:

    nyambung komen chocoluv,
    iya biasa kl gak naek joglosemar ya nusantara. Monik dulu balik dr semarang jg naek itu ke jogja.
    PATAS AC, 30ribu. Gak dapet snack, tapi lumayan lah. Naeknya dari Jombor…

  12. Jenny says:

    Sorry I can’t read anything on this site that isn’t English, so can’t read anything on this thread, but I thought I should say that I love the design of this site! Really simple but fun and bright.

  13. sandal says:

    pake joglosemar rada mahal dan rada lama, mending naek patas aja mbak, langsung dari jombor.

    lebih murah 10ribu dan lebih cepet ^_^

  14. lennon says:

    joglo semar lumayan juga sih pelayaananya

  15. nenk says:

    wah dah naik to sekarang tiketnya Joglosemar….terakhir naik Joglosemar masih 25 rb dapet makanan kecil (roti sama softdrink)

    jadi kangen lumpia semarang nich mba baca postingan mba tentang semarang :D

  16. Intan says:

    Halo, Cinila… aku lama tinggal di Jogja, sekarang kerja di Semarang. Temen dan sodara pada di Jogja. Udah gitu sering banget dinas ke Jogja. Jadi, bolak-balik Jogja – Semarang PP bisa sebulan 2 kali.

    Tapi, aku nggak nyangka, perjalanan Jogja-semarang PP itu bisa begitu panjang kamu ulas. Selama ini aku ngglontor aja gitu…

    Inspiratif… memang kita seharusnya lebih sering pasang mata dan hati ya…

    Met kenalan Cila, dan selamat ulang tahun, dan selamat hari raya…

  17. mulia says:

    salam kenal, lagi blogging nemu page ini, seneng baca daily activities nya.

    btw, saya cita2 pengen menghadiahi ibu angkat sebuah perjalanan batik; jogja, solo, semarang, bali..dan semua lokasi yang punya kekhasan batik tersendiri.

    kira2 ada saran gak ya supaya unik?kayaknya mba punya banyak kontak nih.

  18. paris says:

    ak mo pulang nie abiz nie k semarang, td nyari2 jadwal bus ke semarang eh nyantol d sini …

    makasih infonya …

  19. susi says:

    Kenapa harus naik Joglo Semar itu? Kalau di lihat dari ceritanya lumayan lama nunggunya dan ribet. Ada alternatif lain yang lebih simple ditinjau dr segi waktunya juga? Namun tetap aman dan nyaman. Aku belum pernah menjalani rute Jogja – Semarang. Tapi liburan pendek Imlek bulan depan rasanya ingin juga ke Jogja, Semarang, Solo dan sekitarnya. Ada yang punya pengalaman transportasi untuk itu? Bagi donggg yahh… Makasihhh.

  20. susi says:

    Kalau pakai patas menuju Semarang dari terminal Jombor di Jogja, lama ga nunggunya? Trus pakai brenti2 juga yah? Ada yang tahu jam opersional bus Patas? paling malam jam berapa naiknya? Pasti melalui Muntilan kan? lha dari Muntilan kalau mau balik ke Jogja lagi ada ga kendaraan umum setelah jam 7 malam? plsss infonya..

  21. dewa says:

    naik joglosemar kurang nyaman. jok sempit, suara mesin terlalu berisik, goncangan dari jalan sangat terasa, mahal, sopirnya jg kurang tegas padahal dia hanya membawa bus yg berdimensi kecil. seharusnya bisa lebih cepat dari pada bus patas.

  22. Edi says:

    emang naik bis satu ini butuh kesabaran deh, operator ama presiden, susah operatornya kalau mau telp… kalo presiden mah jelas SMS 4949 kalo joglosemar…. mesti dengan kepala sedingin es batu…

  23. Ray says:

    astaganaga.. bingung cari cari shuttlebus joglosemar.. dapetnya malah di web mu la.. payah bener itu shuttlebus :D

  24. Syaldi says:

    Aduh, untung ada informasi di sini. Aku sudah pusing cari info Joglo Semar…

    Thanks Cinila!

  25. Set1aone says:

    Matur Nuwun Infonya…..

    Besok saya ada tugas ke Jepara..dari Jakarta ke Semarang dulu..

    Sabtu Mau ke Jogja..mau pake yg jam 6 sajalah….

  26. dhanielcavarrel says:

    mutasi kerja di semarang nech ….. tp blank ma daerah semarang ……….

  27. Cmplx.. says:

    Hu’um..
    Joglosemar tu cm namanya doank yg executive,uda mbyarnya mahal,bisnya ga enak,supirnya ugal2an,ada juga yg kya metromini…masak shuttle bus sm kya bus bumel si alias angkot…
    Tiketingnya jg ada yg ga ramah,ga sabar,agkat tlfn lama..uiiiih..bikin gregetan dah..
    Yg bikin enak ya pramugarinya..apalagi yg dr semarang,aku ga bgtu tau namany,kalo yg dr jogja orangnya pndiem2 smua klo sm passengger,
    Saya uda lebih 2th lgganan joglo,tp kok g ad pningkatan ya joglosemar..
    Huh..managemene PAYAH !!!!!

  28. joglosemar says:

    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian, kritik, ataupun masukan berharga yang diberikan dalam thread ini. Mohon maaf atas ketidaknyamanan anda selama menggunakan layanan transportasi Joglosemar. Website Joglosemar untuk saat ini masih dalam proses trial & penyempurnaan, semoga dalam waktu dekat website dapat segera beroperasi untuk memenuhi kebutuhan informasi anda tentang Joglosemar. Email untuk keluhan, saran, ataupun pertanyaan seputar Joglosemar dapat dikirimkan langsung ke joglo.semar@yahoo.com.

    Untuk informasi dan reservasi via telepon silahkan menghubungi nomor-nomor berikut:
    Town Office Jogja: 0274-623700
    Town Office Semarang: 024-7477700/ 024-3586980 (TIC Pemuda)
    Town Office Solo: 0271-743087/ 0271-7050441

    Berikut update terbaru jadwal keberangkatan:
    Jurusan Jogja – Semarang PP: setiap jam, mulai jam 05.00 pagi s/d 21.00 malam. Untuk jam ganjil menggunakan armada Isuzu ELF dengan tarif Rp 45.000,00/ pax, untuk jam genap menggunakan armada minibus Mercedes OF dengan tarif Rp 40.000,00/pax semua dengan fasilitas AC, snack, dan audio visual. Khusus armada minibus Mercedes OF ada petugas Pramugari yang siap membantu selama perjalanan.
    Jurusan Jogja – Solo PP: Jogja ke Solo keberangkatan pukul 08.00 dan 14.00, Solo ke Jogja keberangkatan pukul 10.00 dan 17.00. Armada yang digunakan Isuzu ELF dengan tarif Rp 25.000,00/pax, fasilitas ac, snack, dan audio visual.
    Jurusan Semarang – Solo PP: Solo ke Semarang keberangkatan pukul 06.00, 08.00, 12.00, 16.00, 18.00, 20.00. Semarang ke Solo keberangkatan pukul 08.00, 10.00, 12.00, 16.00, 18.00, 20.00. Armada yang digunakan Isuzu ELF dengan tarif Rp 35.000,00/ pax, fasilitas ac, snack, dan audio visual.

    Sekian informasi yang dapat kami berikan, segala keluhan, saran, dan masukan anda merupakan masukan yang sangat berharga bagi kami. Terima kasih.

  29. mas says:

    thanx mbak aku cari2 info nyasar kesini, smg manfaat

  30. omiwan says:

    wah, makasih ni informasinya.. pas kebetulan mo nyari info jadwal joglosemar, ternyata mbah gugel mengarahkan saya ke sini. Infonya bermanfaat banget, terus menulis ya :)

  31. kirana says:

    kalo sama2 bis mending patas aja. wus….wuss…. ga mampir2. tiap saat ada di terminal. yach ada enaknya ada gaknya. kalo travel enaknya dah ampe rumah. ya tergantung dekat gaknya ama rumah kita. kalo rumahku di solo deket stasiun ya enak naek kereta prameks cuma 50 menit. padahal punya mobil juga. pake mobil hampir 2 jam. pake joglosemar penumpang bagi yang sabar dan nyantai. hehehehe

  32. Arif says:

    terima kasih informasinya gan, kebetulan besok ada tugas dinas ke kantor dinas pendidikan semarang.

  33. p says:

    apakah bisa menjadi sub agen tiketing di salatiga?
    sementara ini saya menjadi gos dari garuda dan pengen bisa menjadi agen travel darat yang lewat salatiga,mohon informasinya.tx

  34. wedhoez says:

    kalo sekarang mending naek kereta api saja, namanya juga joglosemar :)

    pukul 06.20 dari Stasiun Poncol tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 10.28, dan pukul 14.55 dari Stasiun Tugu tiba di Stasiun Poncol pukul 18.48. “Harga tiket untuk Semarang-Yogyakarta tetap Rp 24.000, Semarang-Ngrombo Rp 16.000, Semarang-Solo Rp 16.000, Ngrombo-Solo Rp 9.000, dan Ngrombo-Yogyakarta Rp 16.000

    bisa juga naek prameks dari jogja-solo trus sambung make pandanwangi

  35. che says:

    aduh kok pada ribet pake joglosemar/ bus/ kereta ya? kenapa gak langsung pesen travel jogja-semarang PP. dianter jemput sampe tempat tujuan, gak perlu susah2 nyari pick up point segala. tarifnya juga ga jaoh beda. piss..:)